Wisata Toraja Sulawesi Selatan

OPEN THE SITE then you'll see some videos from Toraja-Indonesia, be blessed hErE

Tana Toraja adalah salah satu tempat wisata Indonesia yang sangat banyak diminati oleh orang baik nusantara maupun mancanegara, dihuni oleh Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas dan masih menunjukkan gaya hidup Austronesia yang asli dan mirip dengan budaya Nias. Daerah ini merupakan salah satu obyek wisata di Sulawesi Selatan yang sangat menarik dan tidak boleh anda lewatkan. Toraja keren banget.Poko'nya Toraja is the best. Please visit this place.

BERIKUT INI ADALAH TEMPAT WISATA TORAJA

Rantepao

Toraja Sulawesi Selatan di kenal di muka dunia karena beragam dan keunikan adat-istiadat yang dimiliki. Selain itu, Toraja adalah tempat yang sangat indah untuk dikunjungi oleh orang-orang dalam dan luar negeri.

Pariwisata di Tana Toraja mulai berkembang pada tahun 1970-an, utamanya setelah National Geographic menyiarkan liputan pemakaman Puang dari Sangalla pada tahun 1972. Semenjak itu wisata di Toraja terus berkembang pesat, hingga mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1980an – 1990an.

akhir 1990an, wisata di Tana Toraja mulai meredup seiring dengan adanya kerusuhan-kerusuhan yang terjadi beberapa daerah di Indonesia, terutama di Poso, pada Desember 1998, April 2000, dan Mei-Juni 2000.

Kini pariwisata di Toraja mulai bangkit lagi, meskipun masih jauh jika dibandingkan dengan masa kejayaan di tahun 1980an.

Ada apa yah sebenernya di Toraja sehingga sangat menarik para wisatawan?
Pemakaman


Banyak macam pemakaman di Tana Toraja. Tersebar hampir di banyak tempat. Dan lokasi-lokasi pemakaman tersebut dan masih digunakan sampai sekarang.

Ada beberapa jenis pemakaman. Ada yang berupa goa alam, bukit yang dipahat, batu yang dilubangi, maupun pohon untuk pemakaman bayi. Ada juga makam buatan yang disebut sebagai Patane. Makam-makam tersebut beberapa dilengkapi dengan Tau Tau, yaitu tiruan orang yang sudah meninggal.

Tongkonan


Tongkonan adalah rumah adat Toraja. Atap tongkonan berbentuk seperti perahu, sebagai pengingat bahwa leluhur mereka datang ke Toraja dengan menggunakan perahu. Sisi luar dinding Tongkonan dihiasi dengan ukir-ukiran khas Toraja, dan di bagian depan tongkonan sering kali dihiasi dengan deretan tanduk kerbau. Biasanya di depan Tongkonan terdapat pula lumbung padi yang disebut alang-alang, dengan bentuk menyerupai Tongkonan, namun lebih kecil.

Sangat indah jikalau kita menyaksikan deretan tongkonan dan lumbung padi ini. Tongkonan yang ada di Toraja masih didiami oleh pemiliknya.

Untuk postingan selanjutnya tuggu aja ya. aku udah ngantuk jadi lain kali lagi... see u again...

3 komentar:

  1. Taman Prasejarah Leang-Leang dengan berbagai peninggalan warisan budaya dari masa pra sejarah, bahkan taman ini tercatat sebagai salah satu World Heritage yang ditetapkan UNESCO ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia.. sangat luar biasa Tanah toraja bisa masuk ke UNESCO.. ini kebanggaan kita bersama...

      Hapus